Sabtu, 09 Januari 2016

Tunjukkan Kreativitasmu Lewat Blog!




Setiap manusia mempunyai kesempatan dan kemampuan yang sama untuk menjadi kreatif, manusia bisa menggunakan pikirannya, pengetahuan, imajinasinya untuk menciptakan atau memikirkan sesuatu yang baru. Menurut yelsi[1] kreativitas sendiri berarti bahwa kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing). Banyak wadah yang dapat digunakan untuk menuangkan kreativitas seseorang, sesuai dengan kemauan orang tersebut. Dalam teknologi dewasa sekarang ini, internet pun dapat menjadi wadah untuk mengasah kreativitas. Dalam situs internet, banyak media yang disajikan untuk mengasah kreativitas kita. Baik dalam hal berkomunikasi maupun dalam hal menciptakan suatu karya.

         Salah satu media yang sesuai untuk mengasah kreativitas dengan menciptakan sebuah karya misalnya tulisan, kita dapat menggunakan blog. Blog juga merupakan sebuah situs internet yang laris dan banyak digunakan di kalangan saat ini. Terbukti bahwa Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pengguna blog terbesar kedua di dunia setelah Inggris versi WordPress[2]. Jumlah blogger dalam enam tahun terakhir ini, yaitu pada tahun 2009 mencapai satu juta orang. Dari tahun ke tahun, blog menunjukkan pengaruh yang semakin besar dalam membentuk persepsi publik. Hal ini dibuktikan bahwa blogger terus meningkat setiap tahunnya.
        Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah web umum dilansir dari Wikipedia[3]. Dari blog tersebut, kita dapat menumpahkan segala kreativitas kita untuk menciptakan sebuah karya. Dalam blog kita dapat menulis berbagai hal yang tentunya bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain. Kita dapat menulis sebuah karya sastra (puisi, cerpen, karangan, dll), sebuah karya tulis ilmiah seperti artikel, sebuah catatan harian yang memberi informasi, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan di blog. [4]Dari paparan tersebut, cara menunjukkan kreativitas kita lewat blog  dapat  diuraikan sebagai berikut :
-          Membuat karya sastra
Jika kita menulis sesuatu di blog, tentu saja kita harus berpikir tentang sesuatu yang menarik. Oleh karena itu, kita dapat meningkatkan kreativitas kita saat menulis di blog. Tentunya akan tercipta sebuah ide tulisan yang harus kita tulis, misalnya cerpen, puisi, novelette, dan karya sastra lainnya.
-          Menampung ide-ide
Jika kita memilki ide, kita dapat curahkan di media blog, sehingga kita dapat menuliskan ide-ide kita untuk teman-teman, keluarga, dan dunia. Jika kita bertukar sebuah pemikiran dengan teman blogger lain yang memiliki ide yang sama atau berbeda, tingkat kreativitas kita akan bertambah karena kita dapat mengeluarkan ide kita dan juga mendapatkan ide baru dari orang lain.
-          Membuat sebuah desain
Jika kita ahli dalam bidang mendesain sesuatu seperti desain poster, gambar, pakaian, bangunan, kita dapat memperlihatkan karya desain kita kepada para pembaca. Lewat blog para pembaca dapat melihat karya kita dan tentunya juga hal ini dapat melatih tingkat kreativitas kita. Karena, kita pasti akan berpikir tentang sesuatu yang baik dan unik untuk diperlihatkan kepada publik.
-          Menunjukkan hasil kerajinan tangan
Kerajinan tangan tidak terlepas dari kreativitas seseorang. Jika kita kreatif maka kita dapat membuat sesuatu yang baik, salah satunya hasil kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan kita dapat kita dapat bermanfaat bagi orang lain apabila kita memperlihatkannya kepada publik. Dengan foto dan cara kerja yang kita bagikan lewat blog, maka para pembaca juga akan ikut tertarik untuk membuat sesuatu kreatif.
           Untuk menunjukkan kreativitas kita lewat blog, kita dapat menggunakan beberapa jenis blog seperti blog sastra yang dikenal dengan istilah litblog (Literaty Blog), blog riset yang membahas tentang persoalan akademis seperti berita riset terbaru, blog media yang berfokus pada bahasan berbagai macam informasi, blog pibadi yang disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan,  perbincangan teman, dan sebagainya.
          Dari sekian banyak jenis blog di atas, juga terdapat jenis blog yang merusak yaitu blog virus. Blog ini bertujuan untuk merusak situs-situs tertentu. Namun, terlepas dari hal tersebut blog masih memiliki banyak kelebihan yang bermanfaat. Lewat blog kita juga dapat mendapatkan teman, mendapatkan informasi dan ide yang lebih banyak lagi, menambah ilmu, dan tentunya mendapatkan penghasilan.  Hal ini dapat berdampak baik bagi kita para pelajar, yang dalam artian masih menuntut ilmu sudah mendapatkan penghasilan.
          Dari paparan tersebut jelas bahwa blog memiliki banyak manfaat untuk kita pribadi. Seperti halnya kehidupan, semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian pula halnya dengan blog yang memiliki kekurangan.   Yaitu, blog dapat menjadi sarana kejahatan. Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang menyebabkan hal ini menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, bahkan ditangkap.         
          Namun, jangan khawatir tentang hal tersebut. Selama kita dapat menjaga blog ­kita ibarat kita menjaga diri sendiri, maka kejahatan-kejahatan yang datang kepada kita akan pergi dengan sendirinya. Artinya, kejahatan tersebut tidak akan terjadi jika kita berusaha menjaganya. Kita dapat memasang perangkat yang khusus untuk melindungi blog kita. Walaupun terdapat kekurangan dari blog, tidak dipungkiri juga bahwa blog memberikan manfaat bagi kehidupan kita.
          Jadi, terbukti bahwa blog menjadi salah satu wadah baik yang dapat  kita gunakan untuk menunjukkan kreativitas kita. Selain itu, kita dapat mengambil hal-hal yang bermanfaat melalui blog. Baik dalam hal pendidikan, ekonomi, dan sosial. Ada pepatah yang mengatakan “Sampaikan nasihat atau ajakan kepada kebaikan dengan hati yang tulus ikhlas, semata-mata karena Allah.” Oleh karena itu, di akhir ini saya ingin mengajak semua teman-teman untuk membuat blog atau menjadi blogger yang baik, sesuai dengan manfaat dan keuntungan yang dapat kita petik dari menggunakan blog. (Nuriyah Magfirah)

        




[1] Mayasuri,Yelsi. 2013. Kreativitas Anda Tergantung pada Diri Sendiri (online) (http://yelsipunyakarya.blogspot.co.id/2013/04/kreativitas-anda-tergantung-pada-diri.html diakses 03 Oktober 2015)
[2] Wordpress. 2010 (online) (https://ndanbeibeck.wordpress.com/tag/pengguna-blog-di-indonesia/ diakses 10 Oktober 2015)
[3] Wikipedia. 2015 (online) (https://id.wikipedia.org/wiki/Blog diakses 17    Oktober 2015)
[4] Ain,Gindra. 2013. Beberapa Contoh Manfaat Blog Bagi Pelajar (online)  (http://gadget.aingindra.co.id/beberapa-contoh-manfaat-blog-bagi-pelajar.html diakses 10 Oktober 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar