Jumat, 08 Januari 2016

Dampak Tidur Pagi dalam Perspektif Islam





Waktu pagi merupakan waktu yang berkah dan waktu yang diperintahkan untuk memanfaatkannya dengan baik. Akan tetapi ,sebagian dari kita banyak yang melalaikan waktu yang berkah ini dan memanfaatkannya untuk tidur dan bermalas-malasan. Padahal tidur pagi memberikan dampak yang berbahaya bagi diri kita .
            Menurut Guyton dan Hall[1] tidur merupakan suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang dapat dibangunkan dengan pemberian ransangan sensorik atau dengan ransangan lainnya.     
     
             Tidur juga merupakan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dan merupakan sarana untuk istirahat. Tujuan tidur belum diketahui secara pasti, namun tidur diyakini untuk menjaga keseimbangan mental. Namun, ada waktu tidur yang dilarang oleh Islam yaitu tidur pagi karena pada waktu tersebut merupakan kesempatan untuk memperoleh pahala yang berlimpah. Mengisi waktu pagi merupakan keutamaan yang besar dan para shalafushalih[2] ketika melakukan perjalanan di waktu malam yang suntuk, mereka tidak mau tidur sampai terbitnya matahari. Mereka melakukan hal tersebut karena pada waktu pagi merupakan terbukanya pintu rezeki dan waktu yang berkah.
            Ibnu Qayyim pernah berkata “Ada empat hal yang menghambat rezeki yaitu : tidur pada waktu pagi, sedikit shalat, malas-malasan, dan berkhianat(ZaadulMa’ad, 4/378).
Dan Rasulullah SAW berdoa dalam sebuah hadist :“ Ya Allah berkahilah umatku pada waktu pagi hari.”( HR.Abu Dawud)
Rasulullah juga melarang kita untuk tidur pagi karena dapat melalaikan kita untuk mencari rezeki, sebagaimana dalam hadist :
" seusai shalat subuh janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki." (HR.Thabrani).
            Lantas apa yang akan kita lakukan pada waktu pagi ? Banyak yang dapat kita lakukan seperti tadarrus, menghafal Al-Qur’an, membersihkan kamar, olahraga, atau melakukan aktivitas lainnya pada waktu pagi. Berhubungan dengan mengisi waktu pagi, ada sebuah amalan yang sangat besar keutamaannya jika dilakukan oleh seseorang untuk mengisi waktu paginya yaitu shalat dhuha. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW bersabda :
“ Barang siapa yang shalat subuh berjamaah di masjid kemudian tetap duduk dan berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian mendirikan shalat dua rakaat, maka baginya haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.”(HR.Tirmidzi).
            Berkenaan dengan larangan tidur pagi oleh Islam, tidur pagi juga mempunyai dampak negatif bagi tubuh. Menurut Ummi Online[3], berikut beberapa dampak negatif tidur pada waktu pagi yaitu :
 1.Masalah Metabolisme
            Jika tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Kita akan merasa lapar dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme.
2.Lesu
            Tidur terlalu lama akan akan membuat kita lesu karena metabolisme masih bekerja dalam sistem malam hari, sedangkan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem yang baru.
 3.Sulit Berkonsentrasi
            Tidur terlalu lama akan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi karena metabolisme tidak dapat berhenti dan kita akan merasa lapar.
4.Kehilangan Waktu Produktif
Para ahli menganggap bahwa pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran masih segar.
5.Sakit Kepala
            Jika tidur terlalu lama akan membuat cairan serebrospinal[4] bergerak ke otak. Jika hal ini berlangsung dengan lama akan menyebabkan sakit kepala yang parah dan bahkan menyebabkan kebutaan.
            Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari tidur pagi karena aktivitas tersebut banyak mudharatnya dan Islam juga melarang kita tidur pagi karena tidur pagi bukan kebiasaan atau akhlak para shalafushalih. Marilah kita mengisi waktu pagi kita dengan beribadah atau aktivitas positif. (Ruhni)


[1]Guyton dan Hall.2015.Tidur.(online).(http://teguhsubianto.blogspot.co.id/2010/03/tidur.html. diakses 28 september 2015)

[2]Orang-orang sholeh
[3]Ummi online.2015.Bahaya tidur dipagi hari bagi kesehatan.(online).(www.ummi-online.com/bahaya-tidur-di-pagi-hari-bagi-kesehatan.html. diakses 28 september 2015)
[4]Cairan yang menggenangi otak dan akord tulang belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar